Minggu, 19 Mei 2013

Sepatu Anti Kekerasan Seksual Karya Anak Bangsa



sepatu anti kekerasan seksual
Sepatu Anti Kekerasan Seksual Karya Hibar

Hibar Syahrul Gafur ( 14 ) terperanjat menyaksikan banyaknya masalah pemberitaan tentang kasus pemerkosaan. Abg cerdas ini lalu memutar otak bagaimana menciptakan alat yang dapat membuat perlindungan bagi wanita dari bahaya pelecehan atau pemerkosaan.

"Hobi saya itu menonton tv, saya dapat berjam - jam apabila sedang menonton tv. Terlebih apabila ada acara berita, nah seringkali yang saya saksikan berisi pemberitaan tentang pelecehan serta kekerasan seksual terhadap wanita, serem banget," kata Hibar saat dijumpai di bandara Soekarno Hatta, Minggu ( 12/5 ).

Dari hasil kreativitasnya, terciptalah sepatu anti kekerasan seksual tersebut. Sepintas sepatu ini tidak berbeda dengan sepatu wedges pada umumnya. Tetapi, pada hak sepatu ini tersimpan rangkaian listrik. Andaikata ada bahaya, wanita yang memakai sepatu ini tinggal menginjak tombol yang ada di sisi belakang sepatu ini. Maka, aliran listrik 450 watt dapat membuat si pemerkosa terjungkal.

Listrik ini bertenaga 450 watt. Anda dapat menendang ke arah si pelaku kekerasan seksual. Dengan otomatis tegangan listrik dapat segera menyerang pelaku, jelasnya.

Sebelum ia mengikuti persaingan tingkat nasional serta internasional, Hibar menjalankan sebuah uji coba. Saya setrum ayam peliharaan di rumah, kemudian guru saya lalu ikut menguji coba sepatu tersebut, ujarnya.

Peralatan yang digunakan oleh siswa SMPN Bogor ini dalam membuat sepatu anti kekerasan seksual cukup sederhana dan dapat dengan mudah kita dapatkan. Misalnya, gelang logam dan rangkaian raket nyamuk.

Dengan karyanya itu, Hibar sukses memperoleh medali emas pertamanya di arena internasional. Dia menyabet medali emas di Exhibition Of Young Inventors (IEYI ) 2013 di Kuala Lumpur,Malaysia. Sungguh prestasi yang membanggakan.

Filled Under:

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. ulasan yang bagus gan dan sangat menginspirasi anak bangsa lainnya

    Trims

    BalasHapus