Jumat, 10 Mei 2013

KAWS, Seniman Jalanan Yang Sukses




Brian Donelly
Brian Donelly
Untuk pengagum berat seni tentu tidak asing lagi dengan seniman yang memiliki julukan KAWS. Nama asli  seniman tersebut adalah Brian Donelly, lahir di tahun 1974. Dia itu awalnya meniti pendidikan di sekolah seni serta dulu bekerja sebagai pelukis background animasi Disney.

Kemudian, dia keluar dari profesinya tersebut untuk menjadi seniman grafitti di jalanan kota New York. Setiap tag grafitti nya dapat anda lihat di tembok-tembok gedung. KAWS tiba-tiba memiliki inspirasi untuk memiliki ciri khas yang dapat membuat seluruh orang mengingat namanya.

Ciri khas itu adalah "companion". Ciri khas ini dia pilih karena dia terinspirasi oleh Mickey Mouse. KAWS berupaya membuat "companion" ini populer dengan langkah nekad, yakni menempatkan poster iklan dengan coretan gambar companion dengan ilegal di halte bus, tetapi dibuat dengan menarik serta tidak menghilangkan unsur utama dari poster iklan tersebut.

Kemunculan ciri khas ini di setiap poster di halte bus New York, membuat orang-orang penasaran siapakah yang menciptakannya, bukan sekedar di New York, KAWS juga terbang ke Tokyo, Jepang, hanya untuk membuat "companion" populer di seluruh dunia.

 KAWS
Karya KAWS di halte bus New York
Nama KAWS semakin populer dengan cepat di jaman 90an. Dia mulai membuka pameran dengan lukisan khasnya serta pernah membuat mainan companion. Mainan ini amat sukses sampai terjual habis di Tokyo, Jepang.

Kesuksesannya membuat beberapa selebriti papan atas dunia seperti Kanye West, memiliki keinginan untuk membuat cover album dengan sentuhan khas KAWS. Tidak sekedar itu saja, KAWS juga bekerja bersama dengan beragam desainer populer layaknya Nigo ( The Bathing Apes ) apalagi perusahaan olahraga populer, Nike.

KAWS juga meiliki kerja sama bisnis dengan Medicom Toys untuk membuka usaha mainan, pakaian, serta beragam barang yang dia hasilkan, namanya originalfake. Toko resmi originalfake hanya di buka di Tokyo, Jepang. KAWS juga terhitung seniman yang sukses karena ide dan bis kreatifnya.

darth vader
Darth Vader versi KAWS
Apa yang dihasilkan KAWS ini senantiasa menarik bagi seluruh kelompok umur, terlebih anak-anak serta remaja. KAWS juga memadukan ciri-ciri-karakter kartun layaknya spongebob squarepants, simpsons, smurf, astro boy, pinnochio serta karakter film seperti darth vader dari film star wars, di beragam produk yang dia hasilkan, sehingga membuat dirinya memiliki ke-khas-an tersendiri.
originalfake
Originalfake
KAWS juga dulu pernah mengalami periode sulit. Saat dia merilis mainan terbarunya star wars, darth vader dan stormtroopers versi companion, di toko originalfake. Mayoritas pembeli keluar dari toko dengan tangan kosong yang beresiko besar untuk keuangan originalfake.




Filled Under:

1 komentar: